Hal-Hal Yang Mempengaruhi Kesehatan Vagina

Hal-Hal Yang Mempengaruhi Kesehatan Vagina

Salah satu organ yang sangat penting bagi wanita adalah daerah kewanitaan, namun jarang diperhatikan. Ketika daerah kewanitaan mengalami masalah seperti gatal, aroma yang tidak sedap atau keputihan, barulah seorang wanita akan mengeluh.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi kesehatan vagina :

  1. Masalah Kesehatan

Salah satu hal yang bisa mempengaruhi kesehatan vagina adalah penyakit. Beberapa penyakit seperti sindrom Sjogren, yang merupakan masalah autoimun dan diabetes dapat membuat vagina tubuh tidak bisa memproduksi cairan pelumas alami yang cukup. Jika sudah begini, vagina akan menjadi kering sehingga wanita tersebut akan merasa sakit ketika berhubungan intim.

  1. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi seperti NuvaRng atau Spermicide bisa mempengaruhi kesehatan vagina. Penggunaan kedua alat ini, dapat menyebabkan iritasi pada vagina. Selain itu, penggunaan diaphragm juga berpotensi menyebabkan terjadinya toxic shock syndrome.

  1. Gairah Bercinta Yang Berlebihan

Saat bercinta harus bergairah dan bersemangat, namun jangan sampai semangat itu membuat Anda mengalami masalah. Salah satunya adalah patahnya tulang panggul, selain itu terlalu semangat saat bercinta dapat menyebabkan trauma pada vagina.

  1. Proses Kehamilan dan Persalinan

Saat sedang hamil, seorang wanita tidak akan mengalami menstruasi hingga melahirkan. Hal ini membuat wanita tersebut memiliki resiko untuk mengalami keputihan. Adapun masalah pada vagina yang mungkin terjadi saat proses persalinan adalah vagina yang robek. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara dijahit.

  1. Perubahan Hormon

Hal lain yang bisa mempengaruhi kesehatan vagina adalah masalah perubahan hormon, salah satunya hormon estrogen yang terjadi saat melahirkan, menyusui dan menopause. Saat kadar estrogen menurun, vagina akan menjadi lebih tipis. Hal inilah yang kemudian menyebabkan hubungan intim yang dilakukan menjadi tidak menyenangkan karena pihak wanita akan merasa kesakitan.

  1. Menopause

Saat seorang wanita telah mengalami menopause, vaginanya tidak akan elastis lagi seperti dulu. Jika hal ini terjadi, maka wanita tersebut akan mengalami kesakitan dan perasaan tidak nyaman saat bercinta.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar